Minggu, 13 Desember 2015

Konsep Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi



UJIAN TENGAH SEMESTER
TAHUN 2015/2016
UNIVERSITAS KRISNADWIPAYANA
Program studi    : Teknik Informatika
Mata kuliah       : PENGANTAR TEKNOLOGI, INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Nama                : Rika Mustika Sari
NIM                  : 1470231193
Kelas/Smster     : 1FG/1
POSTINGAN 1
Konsep Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi

PENDAHULUAN
  Melalui pemanfaatan TIK kita dapat meningkatkan kualitas SDM yaitu dengan cara membuka lebar-lebar terhadap akses ilmu pengetahuan dan penyelenggaraan pendidikan bermutu.
  Teknologi informasi berkembang sejalan dengan perkembangan teori dan komunikasi serta teknologi yang menunjang terhadap praktik kegiatan pembelajaran.
  Pembelajaran berbasis komputer (CBI)
  pembelajaran berbasis web (E-learning),
  pembelajaran berbantukan komputer
  Perkembangan TIK telah memberi kontribusi terhadap terjadinya revolusi diberbagai bidang.
  Eric Ashby (1972) menyatakan bahwa dunia pendidikan telah memasuki revolusinya yang kelima
  Revolusi pertama, terjadi ketika orang menyerahkan pendidikan anaknya kepada seorang guru.
  Revolusi kedua, terjadi ketika digunakannya tulisan untuk keperluan pembelajaran.
  evolusi ketiga, terjadi ketika diciptakannya mesin cetak sehingga materi pembelajaran dapat disajikan melalui media cetak.
  Revolusi keempat, terjadi ketika digunakannya perangkat elektronik seperti radio dan televisi untuk pemerataan dan perluasan pendidikan.
  Revolusi kelima, seperti saat ini, dimanfaatkannya TIK tercanggih khususnya komputer dan internet dalam kegiatan pendidikan.

PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Pengertian Teknologi
  Teknologi berasala dari bahasa Yunani yaitu “technologia”. Menurut Webster Dictionary, sistematik treatment atau penanganan sesuatu secara sistematis, sedangkan “techne” sebagai dasar kata teknologi berarti, Skill, science, keterampilan, ilmu.
  Secara harafiah berasala dari bahasa Latin “texere” yang berati menyusun atau membangun, sehingga istilah teknologi seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  Jadi, teknologi adalah cara menggunakan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah praktis.

Pengertian Informasi
Informasi adalah sejumlah data yang telah diolah melalui pengolahan data dalam rangka menguji tingkat kebenarannya dan ketercapaiannya sesuai kebutuhan. Sedangkan data merupakan bahan mentahnya.

Tiga hal penting yang harus diperhatikan dari informasi, yaitu :
  Informasi merupakan hasil pengolahan data
  Memberikan makna Bermanfaat

Ciri-ciri informasi yang berkualitas menurut Mc. Leod (1997) yaitu :
  Akurat, artinya informasi mencerminkan keadaan sebenarnya
  Tepat waktu, artinya informasi harus ada saat diperlukan
  Relevan, informasi yang diberikan harus sesuai yang dibutuhkan
  Lengkap, artinya informasi harus utuh, tidak setengah-setengah

Jenis-jenis informasi meliputi :
  Absolute Information, yaitu jenis informasi yang disajikan dengan suatu jaminan dan tidak membutuhkan penjelasan lebih lanjut.
  Substitutional Information, yaitu jenis informasi yang merujuk kepada kasus dimana konsep informasi digunakan untuk sejumlah informasi.
  Philosophic Information, yaitu jenis informasi yang berkaitan dengan konsep-konsep yang menghubungkan informasi pada pengetahuan dan kebijakan.
  Subjective Information, yaitu jenis informasi yang berkaitan dengan perasaan dan emosi manusia.
  Objective Information, yaitu jenis informasi yang merujuk karakter logis informasi tertentu.
  Curtural Information, yaitu informasi yang memberikan tekanan pada dimensi kurtural.
Komponen-komponen informasi :
  Root of Information, yaitu komponen inti dati informasi berada pada tahap keluaran pertama sebuah proses pengolahan data yang biasanya disampaikan oleh orang pertama.
  Bar of Information, yaitu merupakan badan/batangnya dari informasi yang disajikan dan memerlukan informasi pendukung, agar informasi inti dapat diketahui secara utuh. Contoh : headline surat kabar agar pembaca jelas maka harus membaca informasi selanjutnya.
  Branch of Information, yaitu informasi dapat dipahami apabila informasi sebelumnya telah dipahami. Misalnya, ketika kita membaca glosarium atau indeks ketika membaca sebuah buku.
  Stick of information, yaitu komponen informasi yang sederhana dari cabang informasi. Bentuk dari informasi ini biasanya berbentuk pengayaan pengetahuan, kedudukannya hanya sebagai pelengkap, terhadapa informasi yang ada.
  Bud of Information, yaitu komponen informasi yang sifatnya semi mikro namun sangat dibutuhkan, sehingga diwaktu mendatang informasi ini akan berkembang dan dicari orang, misalnya informasi tentang multiple intelligence, hypoteaching, kurikulum masa depan, pembelajaran abad ke 21, dan lain-lain.
  Leaf of Information, yaitu merupakan informasi pelindung untuk menjelaskan konidisi dan situasi ketika informasi itu mucul ke permukaan, seperti informasi tentang prakiraan cuaca, prakiraan kemarau panjang, prakiraan gempa atau gerhana matahari/bulan.
Pengertian Komunikasi
  Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan, materi pelajaran) dari suatu pihak ke pihak yang lain agar terjadi saling memengaruhi diantara keduanya.
  Schramm menyampaikan pengertian komunikasi ke dalam tiga hal pokok sebagai berikut :
  Penyandi (Encode), yaitu komunikator yang mempunyai informasi atau pesan yang disajikan dalam bentuk code atau sandi, seperti : tulisan, bahasa lisan, verbal simbol, dan visual simbol.
  Signal (sign), yaitu berupa pesan, berita atau pernyataan tertentu yang ditujukan dan diterima seseorang. Pesan ini dapat dilukiskan dalam bentuk gerak tangan, mimik wajah, kata-kata lisan, tulisan, gambar, foto, diagram, tabel, dan lain-lain.
  Decoder, yaitu komunikan yang menerima pesan atau penerima sandi atau lambang yang harus dipahami dan dimengerti makna dari pesan yang disampaikan.
Komunikasi sebagai suatu proses dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu proses primer dan proses sekunder
  Proses primer adalah proses komunikasi langsung tanpa adanya media yang dapat memanipulasi dan melipatgandakan jumlah penerima pesan.
  Sedangkan komunikasi dalam proses sekunder berlangsung dengan bantuan mekanisme yang dapat melipatgandakan jumlah penerima pesan atau ditujukan untuk mengatasi berbagai macam hambatan fisik/kebendaan/jasadiah yang akan menghalangi proses komunikasi primer.
Empat titik penentu dalam sejarah komunikasi peradaban manusia yaitu :
  Perolehan (acquisition) bahasa, yaitu pada saat yang sama dengan lahirnya umat manusia.
  Perkembangan seni tulisan sejalan dengna komunikasi lisan
  Reproduksi kata kata tertulis (written word) dengan menggunakan alat pencetak, sehingga memungkinkan terwujudnya komunikasi masa yang sebenarnya.
  Munculnya komunikasi elektronik

Hakekat Teknologi Informasi
  Teknologi Informasi adalah serangkaian tahapan penanganan informasi, yang meliputi penciptaan sumber-sumber informasi, pemeliharaan saluran informasi, seleksi dan transmisi informasi, penerimaan informasi secara selektif, penyimpanan dan penelusuran informasi, dan penggunaan informasi.
  Hakekat Teknologi Komunikasi
  Teknologi komunikasi adalah perangkat-perangkat teknologi yang terdiri dari hardware, software, proses dan sistem yang digunakan untuk membantu proses komunikasi yang bertujuan agar komunikasi berhasil (komunikatif).
  Menurut Everett M. Rogers, teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, mengolah, dan saling bertukar informasi dengan individu lain.
Hakekat Teknologi Informasi dan Komunikasi
  Dari definisi yang ada mengenai teknologi informasi maupun komunikasi dapat dilihat adanya keterkaitan erat antara teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), teknologi informasi lebih pada sistem pengolahan informasi sedangkan teknologi komunikasi untuk pengiriman  informasi.
  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara umum yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Sejarah Perkembangan TIK
Ada tiga sejarah perkembagan TIK:
  Masa Prasejarah ( < 3000 SM)
TIK sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal, mereka menggambarkan infomasi yang mereka dapatkan pada dinding gua, tentang binatang buruannya. Kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan, dan isyarat tangan sebagai bentuk komunikasi mereka pada masa ini.
  Masa Sejarah (3000 SM – 1400-an M)
Teknologi informasi masih digunakan untuk kalangan-kalangan tertentu dan terbatas, digunakan pada saat saat khusus, dan harganya cukup mahal. Pertama tulisan digunakan oleh bangsa sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf.
  Masa Modern (1400-an M – Sekarang)
Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sr William Cook dan Sir Charles W yang dikirim secara elektronik antara dua tempat berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut.pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya.
Kemajuan teknologi pada masa modern yang berkembang saat ini yaitu dengan ditemukannya komputer. Dengan teknologi komputer kegiatan pembelajaran dapat menggunakan komputer sebagai alat bantu dan sistem pembelajaran berbasis TIK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar