Minggu, 13 Desember 2015

Pengenalan Komputer – Hardware&Software



UJIAN TENGAH SEMESTER
TAHUN 2015/2016
UNIVERSITAS KRISNADWIPAYANA
Program studi    : Teknik Informatika
Mata kuliah        : PENGANTAR TEKNOLOGI, INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Nama                  : Rika Mustika Sari
NIM                    : 1470231193
Kelas/Smster     : 1FG/1
POSTINGAN 2

Pengenalan Komputer – Hardware&Software

DEFINISI KOMPUTER
  Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti.
  Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
   
SISTEM KOMPUTER
Adalah Jaringan dari elemen-elemen yg saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok
Terdiri dari :
  HARDWARE
                                Peralatan dari sistem komputer yang secara fisik
               terlihat  dan terjamah
  SOFTWARE
                                Program yang berisi perintah untuk melakukan
               pengolaahan data
  BRAINWARE
                                Manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta
               mengatur sistem  komputer

GENERASI KOMPUTER
GENERASI PERTAMA (1946 – 1959)
          Sirkuitnya menggunakan Vacum Tube
          Program dibuat dengan bahasa mesin ; ASSEMBLER
          Ukuran fisik komputer sangat besar
          Cepat panas
          Proses kurang cepat
          Kapasitas penyimpanan kecil
          Memerlukan daya listrik yang besar
          Orientasi pada aplikasi bisnis
Generasi Kedua (1959-1964)
          Sirkuitnya berupa transistor
          Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat
    tinggi ; COBOL, FORTRAN, ALGOL
          Kapasitas memori utama sudah cukup besar
          Proses operasi sudah cepat
          Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
          Berorientasi pada bisnis dan teknik.
Generasi Ketiga (1964-1970)
          Komponen yang digunakan berupa IC ( Integrated Circuit )
          Pemrosesan lebih cepat
          Kapasitas memori lebih besar lagi
          Penggunaan listrik lebih hemat
          Bentuk fisik lebih kecil
          Banyak bermunculan application software
Generasi Keempat (1970-1990)
          Menggunakaan Large Scale Integration ( LSI )
          Dikembangkan komputer micro yang menggunakan micro processor
    & semiconductor yg berbentuk chip untuk memori komputer
Generasi Kelima (sejak 1990 an)
          Komputer pada generasi ini mengembangkan komputer yang bisa bercakap dengan manusia sehingga bisa meniru intelegensi manusia
          Dikenal juga dengan sebutan Generasi Pentium.
Generasi Keenam ( abad 21 )
          Generasi ini  adalah generasi masa depan
   yang nantinya dikenal dengan Generasi Titanium.

PENGENALAN HARDWARE
Secara umum komputer terdiri dari 3
bagian dasar  yaitu :

        Monitor
        Alat input (Keyboard dan mouse)
        CPU (Central Processing Unit/System Unit)

Monitor
Monitor  merupakan sebuah alat untuk menampikan gambar (visual) pada sebuah komputer. Menurut perkembangannya monitor juga mengalami perubahannya dari yang hanya bisa memunculkan warna tertentu hingga dapat sejernih televisi pada saat ini. Dan dari ukuran yang besar dan berat menjadi bentuk- bentuk yang lebih praktis dan ringan

Monitor (lanjutan)
Monitor terhubung kepada komputer melalui  sebuah kabel  yang dikenal dengan VGA (Video Graphic Adapter) Monitor Cable. Selain memiliki kabel VGA monitor pada umumnya memiliki kabel catu daya listrik.

Keyboard dan Mouse
Keyboard merupakan seubah papan yang berisikan tombol yang serupa dengan mesin ketik, sedangkan mouse merupakan alat untuk menggerakan panah dan menjalankan perintah tertentu yang tampil pada monitor yang terhubung dengan komputer yang tampil pada monitor..

Alat pemroses
Alat pemroses (processing device) : alat dimana instruksi-instruksi program dieksekusi untuk memproses data yang dimasukkan lewat alat masukan yg hasilnya nanti akan ditampilkan di alat output.



                Alat pemroses terdiri dari :
                1. central prosessor/CPU
                2. main memory
                3. I/O unit


*      CPU : merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program.
*      Pada komputer mikro, prosessor ini disebut dengan microprosessor.
CPU terdiri dari tiga bagian utama :
1. unit kendali (control unit)
2. unit aritmatika dan logika (arithmetic and logic unit)
3. unit penyimpan berukuran kecil (register)
core2duo_illus

*      Memori utama terdiri dari :
                1. random access memory (RAM)
                2. read only memory (ROM)
*      RAM digunakan untuk menyimpan program dan data yang akan diproses oleh CPU.
*      ROM (Read Only Memory) : memori ini hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat diisi.

ram

*      Output  yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 3 bentuk :
  1. tulisan (huruf, kata, angka, karakter dan simbol2 khusus)
  2. image (grafik atau gambar)
  3. suara (musik atau omongan)
*      Alat keluaran berbentuk :
                hard copy device
                dan soft copy device


Alat Simpanan Luar
External memory ataupun external storage adalah suatu tempat atau sarana yang bisa digunakan komputer untuk menyimpan data ataupun program. Dengan demikian, external memory mempunyai fungsi yang hampir sama dengan internal memory. Hanya bedanya, internal memory terletak didalam CPU, external memory berada diluar CPU

Data-data yang tersimpan didalam external memory bersifat tetap, artinya data tersebut tidak akan hilang walaupun tidak ada listrik yang mengalirinya. Media yang digunakan biasanya merupakan media magnetic yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dengan guratan-guratan magnetic yang dimilikinya. Jenis external memory cukup banyak Yaitu :
                                1. floppy disk
                                2. hard disk
                                3. Compact Disc (CD) &
                                    Digital Versatile Disc (DVD)
                                4. magnetic tape

Floppy disk
Cakram liuk atau disket (bahasa Inggris: floppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.
Media yang dipakai menulis data pada floppy adalah floppy drive
Floppy disk ada 2 macam :
Floppy 5.25 & Floppy 1.44

160px-Floppy_disk_90mm
Hard Disk
hardisk adalah media yang digunakan untuk menyimpan file sistem dan data dalam komputer.
yang sering digunakan, yaitu
  1. ATA (Advance Technology Attachment)
  2. SATA (Serial ATA)
  3. SCSI(Small Computer System Interface)
ATA dan SATA biasanya digunakan untuk personal sedangkan SCSI digunakan untuk server

hardisksata

Compact Disc (CD)
Compact disc adalah adalah sebuah piringan optikal yang digunakan untuk menyimpan data secara digital
Teknologi cakram padat kemudian diadopsi untuk digunakan sebagai alat penyimpan data yang dikenal sebagai CD-ROM serta untuk media yang dapat ditulis sekali maupun berulang-ulang CD-RW. Sedangkan media yang digunakan untuk membaca dan menulis data pada CD dinamakan CD-R drive dan CD-R/W drive
180px-Cd-r






DVD (digital versatile disc)
DVD adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD.
2-3ab
DVD juga berkembang menjadi DVD R dan DVD R/W Sedangkan media yang digunakan untuk membaca dan menulis data pada DVD dinamakan DVD-R drive dan DVD-R/W drive
180px-DVD-RAM_FUJIFILM_Disc-removalble_With_cartridge-lockin

Magnetic Tape
Magnetic tape merupakan media penyimpanan data yang biasanya digunakan untuk komputer jenis mini ataupun mainframe. Terdapat dua jenis magnetic tape yang biasanya digunakan oleh komputer.
Jenis pertama mempunyai bentuk standart yang memiliki lebar pita 1/2 " (12.7 mm). Magnetic tape terbuat dari plastik tipis yang dilapisi magnetic pada permukaannya.
Bentuk kedua adalah kaset ataupun catridge seperti halnya yang telah kita kenal pada kaset yang terdapat di audio tape recorder.
2-3ae

Komponen Pendukung
Komponen pendukung merupakan komponen yang melengkapi kerja dari komputer.
Contohnya:
  1. Motherboard ( mainboard )
  2. Power supply
  3. VGA card dan Sound card
  4. Case

Motherboard
Motherboard merupakan komponen terpenting dalam PC. kerena sebagai komponen circuit board utama yang menghubungkan banyak komponen lain. Mulai dari CPU/processor, RAM, video card, harddisk, dan seterusnya
Jenis dari motherboard ditentukan berdasarkan jenis prosesor yang digunakan nantinya,
Kita dapat melihat dan menentukan prosesor apa yang dapat digunakan oleh suatu motherboard dengan cara melihat kode jenis soketnya.


VGA (Video Graphics Adapter)
*     Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor.
*     Tujuan pemakaian untuk graphis atau game
*     Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32 hingga 128 Megabyte
*     Yang sering dipakai : Nvidia , Ati Radeon dll
GeForce_9500_GT_3qtr_low


Sound card
*     Perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara
*     perangkat ini kurang lengkap jika tidak ada speaker.
*     Karena itu kita perlu menghubungkan speaker dengan sound card yang telah terpasang dengan sebuah kabel yang disambung langsung ke sound card
soundcard


Power Supply
ecara garis besar, power supply elektrik dibagi menjadi dua macam, yaitu
    1. Power Supply Linier
    2. Switching Power Supply
Berdasarkan konektornya power supply dibagi 2 jenis AT (12 output) mempunyai 2 konektor dan ATX (20 output) mempunyai 1 konektor.
power-supply5.jpg

PENGENALAN SOFTWARE
Software komputer merupakan sekumpulan data elektronik berupa program atau intruksi yang disimpan dan diatur oleh komputer untuk menjalankan suatu perintah. Sistem komputer ini juga berperan sebagai penghubung antara komputer dan user agar dapat saling berinteraksi, disisi lain software juga berfungsi untuk mengkontrol perangkat keras dan untuk menghasilkan data informasi.

Klasifikasi Software (Perangkat Lunak)
Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN.
Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Linux, Windows, IMB OS/2, Apple.
Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility.

Perkembangan Perangkat Lunak
Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game).
Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi
Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi).
Yang berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet.
                 
PENGENALAN BRAINWARE
SYSTEM ANALIS
o                        Orang yang merancang suatu system
PROGAMMER
o                        Orang yang membuat program
END-USER
o         Orang yang menggunakan komputer
    secara langsung




Tidak ada komentar:

Posting Komentar